jaga bumi kita agar tetap lestari "GO GREEN!" selamat membaca

Saturday 26 January 2013

LAUT KITA

       Laut adalah salah satu tempat bagi banyak orang untuk menyambung hidupnya. Sebagian besar orang menjadi nelayan. mereka menangkap ikan dengan menggunakan pancingan dan jaring, tapi ada juga nelayan yang hanya ingin praktis saja. Para nelayan ini menangkap ikan dengan menggunakan pukat harimau,bom,racun dan sengatan listrik. Tapi mereka umumnya tidak tahu menahu akibat yang akan ditimbulkan dari apa yang mereka lakukan. nelayan ini hanya berpikir bila mereka mendapatkan banyak ikan maka hidup mereka akan terjamin sampai nanti, padahal jika hal ini terus dilakukan maka tak lama lagi ikan di laut akan mati.

    misalnya jika nelayan itu memancing menggunakan pukat harimau bukannya jaring standar biasa maka ikan dengan berbagai ukuran akan mudah ditangkap bahkan ikan yang sangat kecil dan baru terlahir di dunia inipun ikut tertangkap dan bila hal ini terus dilakukan maka tak lama lagi tidak akan ada ikan lagi karena ikan penerus keturunan telah habis ditangkap.
    lalu bila para nelayan menangkap ikan menggunakan bom maka tidak hanya ikan yang mati tapi bom juga merusak terumbu karang yang menjadi rumah bagi banyak ikan dan akhirnya ikanpun akan kehilangan tempat tinggal yang memaksa para ikan mencari rumah baru dan berarti ikan diwilayah yang telah di bom akan habis.
    ditambah parah dengan menangkap ikan dengan menggunakan racun dan sengatan listrik. semua yang ada di laut bisa mati karena terkena racun, memang bila menggunakan racun dan sengatan listrik dengan jumlah yang tepat maka ikan hanya pingsan saja tapi kalau nelayan itu menggunakan dosis yang berlebihan bagaimana? tentunya tidak hanya ikan yang berukuran besar yang mati tapi hewan laut kecil yang lain pun ikut mati dan planktonpun juga bisa mati.
   belum termasuk ulah mausia jail yang membuang sampah ke laut. lengkap sudah ancaman masalah bagi laut kita tercinta .
     tapi kini ada secercah harapan bagi laut kita. ada juga orang yang memiliki rasa kasihan melihat laut kita yang awalnya indah menjadi rusak karena ulah manusia. mereka melakukan budidaya ikan yang hampir punah, melakukan budidaya terumbu karang dan mulai menanam pohon bakau di sekitar pantai, karena pohon bakau juga bisa menjadi rumah untuk ikan.
    jadi seharusnya kita juga ikut menjaga laut kita agar tetap lestari jagalah laut kita yang biru bening agar tetap menjadi seperti itu sampai nanti

No comments:

Post a Comment