jaga bumi kita agar tetap lestari "GO GREEN!" selamat membaca

Sunday 20 January 2013

BANJIR



Banjir di Jakarta adalah salah satu contoh banjir yang sangat besar. Bahkan daerah yang termasuk kawasan kota besar pun ikut terendam banjir yang sampai setinggi lutut orang dewasa. Banjir ini sangat sulit dipercaya karena Jakarta merupakan Ibu Kota dari Indonesia tapi bagaimana bisa ibu kota sebuah Negara bisa terendam banjir?

       Karena banjir ini banyak orang yang tinggal di Jakarta kehilangan tempat tinggal dan mata pencaharian. Banyak penyakit yang ditimbulkan dari bencana ini, dari yang paling ringan sampai yang paling berat, misalnya : pilek,panas,malaria, bahkan sampai ada yang meninggal. Sungguh malang jika semua itu terjadi hanya karena kelalaian manusia.

       Banyak orang yang membuang sampah ke sungai, setiap hari warga yang tinggal dibantaran sungai membuang sampah rumah tangganya ke dalam sungai. Tanpa piker panjang apa yang terjadi jika mereka membuang sampah ke sungai mereka hanya memikirkan hal yang terjadi sekarang tanpa memikirkan hal yang terjadi nanti.

       Saking banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai membuat sungai dangkal, yang berarti volume air yang dapat ditampung sebuah sungai berkurang dan ditambah lagi dengan banyaknya sampah yang dibuang ke sungai memperparah keadaan. Bila hujan datang dan terus mengguyur tempat itu maka sungai tidak akan dapat menampung banyak air dan menyebabkan air itu meluap ke luar sungai. Itulah penyebab banjir di ibu kota. Hal ini dapat ditanggulangi walaupun cara penanggulangannya memang terdengar susah yaitu dengan mengeruk sungai agar menjadi lebih dalam dan dapat menyimpan lebih banyak volume air, dan berhenti membuang sampah ke sungai dengan begitu bencana banjir ini dapat di ditanggulangi.

No comments:

Post a Comment